Silabus dan RPS Konsep Dasar Matematika SD

SILABUS

Hasil gambar untuk PGSD
A.    Identitas Matakuliah
Nama Matakuliah                         : Konsep Dasar Matematika SD
Kode Matakuliah                                     : 1531
Jumlah SKS                                 : 2 SKS
Semester                                       : 1
Kelompok Matakuliah                 : MKK
Program Studi/Program               : PGSD/S-1
Status Matakuliah                        : Wajib
Prasyarat                                      : -
Dosen                                           : Nurbaiti, S.Pd.I., M.Pd.

B.     Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemecahan masalah, penalaran, logika matematika, himpunan, fungsi, persamaan dan  pertidaksamaan, geometri, dan peluang.

C.    Diskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pemecahan masalah, penalaran, logika matematika, himpunan, fungsi, persamaan dan  pertidaksamaan, geometri, dan peluang.

D.    Pendekatan, Metode, Tugas, Dan Media
Pendekatan pembelajaran            : pemecahan masalah
Metode pembelajaran                   : ekspositori dan diskusi
Tugas                                            : menyelesaikan soal dan menyajikannya.
Media                                           : OHP, komputer, LCD.

E.     Evaluasi
Kehadiran
Tugas
Penyajian
Diskusi.
Tes
UTS
UAS

F.     Rincian Materi Perkuliahan
1.    Pemecahan masalah
2.    Penalaran Induktif
3.    Penalaran Deduktif
4.    Logika Matematika
5.    Himpunan
6.    Fungsi
7.    Persamaan dan pertidaksamaan
8.    Geometri
9.    Peluang

G.    Referensi
A.Van De Walle, John. 2006. Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Prihandoko, Antonius Cahya. 2005. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan Dengan Menarik. Jember: Departemen Pendidikan Nasional.
Billstein, Rick., Libeskind, Shlomo., dan Lott, W. Johnny. 1993. A Problem Solving Aprroach to Mathematics for Elementary School Teachers (5th Ed), Addison-Wesley Publishing Company, Inc, Reading, Massachusetts.
Ruseffendi, H.E.T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan, Tarsito, Bandung.





RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
STKIP TAPANULI SELATAN
SEMESTER GANJIL 2017/2018
(SEPTEMBER-DESEMBER)

A. Identitas Matakuliah
Nama Matakuliah               : Konsep Dasar Matematika
Kode Matakuliah               : 1531
Jumlah SKS                        : 2 SKS
Semester                             : 1
Kelompok Matakuliah        : MKK
Program Studi/Program      : PGSD/S-1
Status Matakuliah              : Wajib
Prasyarat                             : -
Dosen                                 : Nurbaiti, S.Pd.I., M.Pd.

B. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pemecahan masalah, penalaran, logika matematika, himpunan, fungsi, persamaan dan  pertidaksamaan, geometri, dan peluang.

C. Materi
1.    Pemecahan masalah
2.    Penalaran Induktif
3.    Penalaran Deduktif
4.    Logika Matematika
5.    Himpunan
6.    Fungsi
7.    Persamaan dan pertidaksamaan
8.    Geometri
9.    Peluang

D. Deskripsi Materi
Pertemuan
Materi
Sub Materi
1-2
Pemecahan masalah dalam matematika
1.      Pengertian masalah
2.      Jenis masalah
3.      Langkah pemecahan masalah
4.      Penerapan pemecahan masalah matematika di SD
3
Penalaran dalam matematika
1.      Penalaran Induktif
2.      Penalaran Deduktif
3.      Logika Matematika
4.      Penerapan logika matematika
4-5
Relasi antar himpunan
1.      Himpunan bagian
2.      Himpunan Sama
3.      Himpunan berpotongan
4.      Himpunan saling lepas
5.      Himpunan ekivalen
5-6
Operasi himpunan
1.      Operasi himpunan gabungan
2.      Operasi himpunan irisan
3.      Operasi himpunan komplemen
4.      Operasi himpunan selisih
5.      Operasi himpunan jumlah
6.      Penerapan himpunan di SD
7
Review dan Test
UTS
8
Fungsi
1.      Fungsi riil dan grafiknya
2.      Operasi pada fungsi
3.      Operasi biner
4.      Penerapan konsep fungsi di SD
9
Persamaan dan pertidaksamaan
1.      Persamaan linier
2.      Pertidaksamaan linier
3.      Persamaan kuadrat
4.      Pertidaksamaan kuadrat
5.      Penerapan persamaan dan pertidaksamaan dalam penyelesaian masalah
10-11
Geometri
1.      Bangun datar
2.      Bangun ruang
3.      Simetri
12-13
Peluang dan statistika dasar
1.      Konsep peluang dan pengelolaan data
2.      Permutasi
3.      Kombinasi
4.      Peluang
5.      Penyajian data
6.      Perhitungan pengukuran tendensi pusat
7.      Materi pengukuran dan statistika di SD
8.      Mengolah data
14
Review dan Test
UAS

E. Referensi
A.Van De Walle, John. 2006. Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Prihandoko, Antonius Cahya. 2005. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan Dengan Menarik. Jember: Departemen Pendidikan Nasional.
Billstein, Rick., Libeskind, Shlomo., dan Lott, W. Johnny. 1993. A Problem Solving Aprroach to Mathematics for Elementary School Teachers (5th Ed), Addison-Wesley Publishing Company, Inc, Reading, Massachusetts.
Ruseffendi, H.E.T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan, Tarsito, Bandung.