Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya Lengkap 99% Untuk Anda


Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya Lengkap 99% Untuk Anda
 - Pengertian sosiologi berasal dari bahasa latin yunani yaitu socius yang memiliki arti teman atau masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Sehingga dari kedua kata tersebut sosiologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari atau mengkaji tentang hubungan sosial yang terjadi dalam hubungan sosial masyarakat serta tersusun secara ilmiah dan berdasarkan pola pikir yang kritis. Dalam tingkat sekolah Ilmu Sosiologi sangat penting dan erat kaitannya dengan bimbingan konseling, Kenapa Sosiologi sangat penting? Karena Ilmu Sosiologi akan mengarahkan kita menuju pribadi yang lebi baik.

Ilmu sosiologi selalu mengarahkan manusia untuk berpikir dan melaksanakan perannya dalam kehidupan bermasyarakat ( das sollen). Selain itu sosiologi juga selalu, menginmplementasikan, mengkaji, dan mempelajari suatu peristiwa atau fakta sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat ( das sein). 



Pengertian, Ciri-ciri Serta Hakikat Ilmu Sosiologi

Pengertian Ilmu Sosiologi

Singkatnya Ilmu sosiologi adalah ilmu yang membahas dan mendalami tentang pengetahuan, tata cara hidup bermasyarakat.

Ciri-Ciri Ilmu Sosiologi


Masing-masing objek ilmu pengetahuan memiliki ciri khas tertentu, begitu juga ilmu sosiologi juga memiliki karakteristik atau ciri khas yang membedakannya dengan ilmu-ilmu lain. Berikut di bawah ini merupakan ciri-ciri dari ilmu sosiologi.


Empiris, artinya ilmu sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mengkaji suatu objek berdasarkan observasi serta logika, bukan berdasarkan spekulasi semata.
Teoritis, sosiologi berusaha memberikan teori untuk menunjukan pernyataan atau proporsi secara logis untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
Kumulatif, sosiologi di susun berdasarkan pengembangan , perbaikan, perluasan, serta penguatan sesuai kondisi terbaru atau fakta terbaru dari teori-teori yang pernah ada sebelumnya.
Nonetis, artinya sosiologi tidak bertunjuan untuk menilai suatu kebaikan atau keburukan suatu fakta, melainkan bertujuan untuk menjelaskan fakta secara analitis.
Hakikat Ilmu Sosiologi

Setelah mengetahui Pengertian dan Ciri-ciri ilmu sosiologi maka derikut di bawah ini merupakan hakikat dari ilmu sosiologi :

Sosiologi merupakan ilmu sosial. Artinya ilmu sosiologi didasari dari kajian ilmu yang menghubungkan realitas sosial melalui gejala-gekala sosial dalam ilmu pengetahuan.
Sosiologi bertujuan menghasilkan definisi dan pola umum karena sosiologi meneliti tentang aturan-aturan dasar yang terbentuk dari hasil pola interaksi anatarindividu dalam bermasyarakat.
Sosiologi tidak termasuk ilmu pengetahuan normatif, melainkan termasuk dalam dalam pengetahuan displin kategoris. Artinya, sosiologi hanya membahas sebatas pada kondisi realitas yang terjadi pada saat ini dan tidak membahas tentang hal-hal yang seharusnya terjadi. Oleh sebab itu ilmu sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu pasti.
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris rasional, hal tersebut berkaitan dengan apa yang digunakan dalam kajian ilmu sosiologi.(af/rol)

0 Response to " Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya Lengkap 99% Untuk Anda"

Posting Komentar